Home » SKOM4103 – Hubungan Masyarakat » Inisiasi 2 – Dimensi Sejarah kegiatan Humas

Inisiasi 2 – Dimensi Sejarah kegiatan Humas

Pada awal peradaban, manusia berusaha membangun hubungan antar manusia karena manusia tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhannya sendiri. Hubungan yang dibangun mempunyai tujuan untuk keberlangsungan hidup. Dalam membangun hubungan itu diupayakan untuk menciptakan saling percaya, saling mempengaruhi dan saling menguntungkan. Upaya tersebut dapat dikatakan sebagai gejala humas. Gejala awal kegiatan humas seperti ini dikenal sejak zaman primitif hingga zaman pertengahan. Munculnya revolusi industri merupakan awal dari tahapan sejarah kegiatan humas. Di Amerika perkembangan humas dibagi dalam tiga periode; (1) Manipulation period; Humas pada tahap ini menjadi alat untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu seperti kepopuleran, membentuk opini publik, namun dengan memanipulasi informasi. (2) Information period; humas pada periode ini dalam memberikan informasi masih bersifat satu arah, belum dalam bentuk hubungan timbal balik. Sehingga, publik belum mempunyai ruang untuk menyampaikan keinginan dan kebutuhannya. (3) mutual influence and understanding period; pada periode ini humas tidak lagi satu arah namun telah berposisi penting dalam organisasi, humas berfungsi manajemen yang mengembangkan sikap budi manajemen dengan publiknya. Setelah periode ini muncullah humas pada masa modern atau kontemporer.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Praktek Humas

Menurut Vercic, Grunic dan Grunic dalam Sriramesh (2004) perkembangan humas dipengaruhi oleh variabel lingkungan negara masing-masing yaitu ideologi,sistem ekonomi, budaya dan sistem media.

  1. Demokratisasi kehidupan politik

Dalam negara yang menjadika demokrasi sebagai pilar utama maka suara rakyat menjadi dasar negara, kebebasan berpendapat, beropini dijamin oleh undang-undang. Hal ini sejalan dengan prinsip humas yang merupakan kegiatan komunikasi dua arah yang seimbang antara organisasi dan publiknya. Komunikasi tersebut bisa berjalan dengan baik jika dilandasi keterbukaan, prinsip menghargai opini, atau pendapat yang berbeda.

  1. Industrialisasi dan pasar bebas

Industrialisasi memunculkan pasar bebas, sehingga kompetisi yang terbuka menjadi strategi humas untuk memenangkan persaingan. Karena humas berperan penting untuk membangun citra lembaga bisnis, citra produk dan citra corporate.

  1. Perkembangan Teknologi Komunikasi

Perkembangan pesat teknologi komunikasi saat ini menjadikan teknik humas semakin berkembang pula. Jarak tidak lagi menjadi kendala sehingga informasi menjadi kebutuhan. Dengan kemajuan ini tentu sangat menunjang kegiatan humas.

  1. Penerapan Good Governance

Pemerintahan yang bersih menciptakan iklim usaha yang sehat, iklim sehat menciptakan persaingan sehat. Sehingga mendorong munculnya berbagai teknik komunikasi untuk menunjang persaingan bisnis, teknik tersebut salah satunya adalah humas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s